Categories
Bisnis

Tips memilih Konsultan Pajak yang professional

Terlalu banyak pengusaha kecil yang tidak mau meminta bantuan saat mereka membutuhkannya. Pengusaha pada dasarnya cenderung menjadi pengambil risiko independen. Mereka memulai perusahaan dan itu adalah bayi mereka. Jelas, mereka harus tahu cara membesarkannya.

Namun, tidak satu pun dari kita yang tahu segalanya tentang menumbuhkan dan mengelola bisnis. Terkadang masuk akal untuk mencari nasihat dari orang lain, tetapi siapa yang tepat untuk Anda dan bisnis Anda? Saat memilih konsultan, ikuti lima panduan sederhana namun penting ini:

1. Karakter yang tidak dapat diganggu gugat

Pertama dan terpenting, konsultan yang efektif harus menjadi orang dengan karakter tertinggi. Dia harus menjadi profesional yang sempurna. Konsultan harus bersedia menempatkan kepentingan terbaik klien di atas kepentingan mereka sendiri.

Misalnya, konsultan harus bersedia memberi tahu klien hal-hal yang perlu mereka dengar, tetapi mungkin tidak mau — bahkan jika melakukannya berarti konsultan kehilangan bisnis. Konsultan harus sangat peduli dengan kliennya.

2. Pengalaman yang mumpuni

Konsultan yang baik harus memiliki pengalaman dengan tantangan atau peluang yang Anda dan perusahaan Anda hadapi. Dia mungkin tidak mengenal perusahaan atau industri spesifik Anda, tetapi Anda dan orang-orang Anda mengenal perusahaan dan industri Anda dengan cukup baik, bukan? Apa yang dibawa konsultan ke meja adalah pengalaman dalam menangani jenis masalah yang Anda hadapi.

3. Keterampilan pemecahan masalah yang kreatif

Anda akan menginginkan konsultan yang Anda libatkan untuk menjadi problem solver yang luar biasa. Lagi pula, Anda menyewa konsultan untuk membantu Anda memecahkan masalah (atau memanfaatkan peluang).

Marvin Bower, patriark McKinsey & Company, pada dasarnya mendirikan konsultasi manajemen dan dalam prosesnya menumbuhkan perusahaan dari perusahaan yang masih baru menjadi operasi global. Dia menguraikan kriterianya untuk konsultan yang luar biasa.

“Peralatan mental – konsultan yang sukses memiliki keterampilan analitis yang luar biasa dan kemampuan untuk menyatukan pemikirannya dengan mudah dalam mencapai kesimpulan,” tulis Bower. “Dia adalah pembelajar yang cepat dan efektif — imajinatif dan kreatif.”

Saat memilih konsultan, pastikan untuk mempekerjakan problem solver yang mumpuni, begitu juga saat anda mencari konsultan pajak bekasi, pasti memiliki skill ini.

4. Keterampilan komunikasi

Seorang konsultan yang baik harus pandai berbicara. Dia harus memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa kuat, baik secara lisan maupun tertulis . Tentu saja, komunikasi adalah jalan dua arah. Mungkin yang lebih penting daripada kemampuannya untuk berbicara dengan jelas dan menulis dengan fasih adalah kemampuan untuk mendengarkan.

Tidak peduli seberapa pintar seorang konsultan, dia tidak akan dapat membantu Anda meningkatkan bisnis Anda sampai mereka sepenuhnya memahami tantangan yang Anda hadapi. Ini tidak akan pernah terjadi sampai konsultan mendengarkan Anda.

5. Keterampilan interpersonal yang sangat baik

Sederhananya, agar konsultan mana pun berhasil membantu perusahaan Anda, hubungan berbasis kepercayaan harus berkembang. Anda harus merasa nyaman mengungkapkan detail intim bisnis Anda. Hubungan antara konsultan dan klien tidak berbeda dengan hubungan antara dokter dan pasien.

Tanpa keterusterangan yang lengkap, konsultan akan terhambat dalam usahanya untuk membantu bisnis Anda. Pilih konsultan dengan siapa Anda dapat mengembangkan hubungan profesional semacam ini.

Konsultan yang tepat dapat menciptakan nilai yang luar biasa. Konsultan yang salah dapat merusak nilai. Mengikuti lima panduan ini akan membantu memastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan atau individu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *